Blog Bahasa Indonesia

Sudah 4 tahun blog ini saya isi, tapi tidak ada satu pun (seingat saya) post dalam bahasa Inggris, utamanya menggunakan bahasa Indonesia. Saya pernah ditanya oleh rekan kerja di Oxford dan teman saya, “kenapa ga sesekali post dalam bahasa Inggris?”Ada beberapa alasan mengapa saya menggunakan bahasa Indonesia dalam blog ini. Alasan utamanya adalah karena saya belum terbiasa menulis hal yang ringan dalam bahasa Inggris, lebih mudah menulis hal ringan dengan bahasa Indonesia. Berbeda kalau saya menulis sesuatu tentang fisika, elektro, dan komputer. Menulis dalam bahasa Inggris saat membahas topik tersebut jadi lebih mudah.

Alasan lainnya karena saya berpikiran untuk berbagi cerita (dan pengennya memberi manfaat) kepada teman-teman di Indonesia (maaf isi blognya lebih banyak nyampahnya). Ini akan lebih mudah dilakukan kalau menulis dalam bahasa Indonesia.

Yang terakhir dan tidak kalah penting, untuk mengurangi spam komentar! Setiap hari ada sekitar 3-5 komentar baru yang perlu dimoderasi. Sebagian besar adalah spam. Sebagian besar komentar spam tidak menggunakan bahasa Indonesia, padahal blog saya menggunakan bahasa Indonesia. Jadi kalau saya lihat komentar berbahasa Inggris, saya biasanya langsung berpikiran bahwa itu adalah komentar spam. Maaf kalau ada teman-teman yang pernah berkomentar dalam bahasa Inggris, tapi tidak saya tampilkan. Kemungkinan besar karena saya tidak cermat dan melabelinya sebagai spam.

Mari berbahasa Indonesia :)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>